Kamis, 20 November 2008

CINDERAMATA DARI MUSYAWARAH KELURAHAN II TANJUNG JAYA

CINDERAMATA adalah suatu istilah dimana seseorang memberikan sesuatu yang dapat dikenang oleh orang lain, nah berkenaan dengan cinderamata dari Musyawarah Kelurahan II Tanjung Jaya ini sedikit berbeda. Dimana Cinderamata yang dimaksud adalah suatu usulan kongkret yang sangat berguna bagi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM MP) di tahun berikutnya.
Hal yang menjadi topik bahasan dalam cinderamata kali ini adalah mengenai personalia Tim Monitoring (Baca: Tim 18 antara lain; Tim 6, Tim 5, Tim 4, Tim 3)yang dilatih di tingkat Kecamatan. Dalam kebijakan Program Sifat Peberdayaan harus/wajib ditonjolkan oleh karena itu maka kebijaksanaan program mengisyaratkan personalia yang dilatih mengambil beberapa orang diantara anggota Tim 18 tersebut sebagi perwakilan untuk mengikuti pelatihan yang dilaksanakan. Mengingat aspek pendanaan dan waktu, tetapi sebagai tolak ukur bagi masyarakat apakah, mampu orang yang mejadi wakil Tim yang mengikuti pelatihan tersebut melakukan pemberdayaan dalam setealah kembali dari pelatihan? Sebenarnya kita sudah menjawab hal tersebut, PERTAMA bahwa aspek pemberdayaan yang dimaksud adalah bagaiman wakil Tim yang dilatih dapat mentransfer ilmu yang diperoleh dari pelatihan kepada anggota Tim yang lain sesuai dengan TUPOKSI yang melekat dari masing-masing tim (Tim, 3, 4, 5 da 6). kemudian KEDUA, jikalau kita melatih seluruh personalia Tim maka peserta akan memblludak, coba saja kalo peserta masing-masing kelurahan berjumlah 18 yang ikut ada 7 kelurahan maka yang dilatih ada sebanyak 126 orang, pertanyaannya apa ada dana yang tersedia untuk melatih personalia sejumlah orang tersebut. Terakhir KETIGA, masalah waktu yang secara langsung akan berkaitan dengan pendanaan. 126 orang akan di;atih secara serentak apakah akan kondusif? kemudian jika dibagi dalam beberapa angkatan tentunya akan membutuhkan waktu yang banyak.
Oleh sebab itu, mengingat pentingnya masuka masyarakat seperti ada baiknya menjadi pertimbangan program, bahwa keinginan masyarakat adalah seluruh personalia Tim mendapat pelatihan dengan maksud;
1. agar ada keseimbangan pemahaman dan ilmu setiap personalia Tim,
2. agar tidak ada kecemburuan antara personalia Tim karena kerjanya tIm tapi yang dilatih cuma beberapa,
3. Aspek Capacity Building meningkat.
Inilah Cindera mata dari MK II Kelurahan Tanjung Jaya, yang menurut saya perlu ditindaklanjuti dengan arif dan bijaksana.

Tidak ada komentar: